Olahraga Bisa Cegah Jerawat di Usia Dewasa yang Disebabkan Ketidakseimbangan Hormon

Olahraga Bisa Cegah Jerawat di Usia Dewasa yang Disebabkan Ketidakseimbangan Hormon

“Kalau nggak olahraga nggak segar. Detoks, kalau nggak olahraga muncul jerawat sedikit.” Begitulah jawaban aktris Prisia Nasution saat ditanya resep kulit sehatnya oleh KapanLagi.com. “Aku sih yang penting keluar keringat. Apalagi cewek kan suka banyak komedo kalau (keluar) keringat langsung bersih,” lanjutnya.

Olahraga hingga mengeluarkan keringat dipercaya bisa membantu mengeluarkan racun dan pada akhirnya berdampak pada kulit wajah yang menjadi lebih sehat pula. Apakah hal ini benar?

Bersihkan Pori-pori hingga Seimbangkan Hormon
Menurut dokter bedah plastik dan pendiri Ajune Center for Beauty Synergy, Mauro C. Romita, M.D., olahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah.

“Ini bisa menutrisi kulit, mengantarkan lebih banyak aliran darah dan oksigen pada kulit,” tuturnya seperti dilansir Everyday Health. “Ini akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.”

Sebagai tambahan, keluarnya keringat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan memperbaiki kinerja hormon yang tidak seimbang.

“Berolahraga dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan jerawat dewasa.”

Jangan Lupa Cleansing setelah Olahraga

Mengeluarkan keringat lewat aktivitas fisik secara teratur memang bagus buat kulit yang rentan berjerawat. Namun hal ini juga bisa menjadi pemicu jerawat baru jika tidak dilakukan dengan benar. Misalnya jika wajah tidak dibersihkan dengan baik setelah sesi workout berakhir.

Noƫlle S. Sherber, M.D., dokter kulit yang berbasis di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat seperti dilansir Philstar menyarankan agar wajah segera dibersihkan segera setelah olahraga. Bagian-bagian tubuh lain yang mudah berjerawat juga sebaiknya diperlakukan dengan cara yang sama.

“Jika Anda mudah berjerawat, pastikan Anda selalu menyediakan tisu basah pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi di tas olahraga Anda,” sarannya.

Sherber juga menyarankan baju olahraga dengan bahan kain yang berpori-pori bagus agar sirkulasi udara lancar, sehingga kondisi kulit tidak akan memburuk gara-gara keringat yang terjebak di permukaan kulit.

Satu hal lagi yang diperingatkan oleh Sherber, jangan sekali-sekali berolahraga menggunakan makeup. Ini bisa menyumbat pori-pori dan menjadikan masalah jerawat semakin parah.

Jangan lupa juga, pastikan tubuh terhidrasi kembali dengan meminum air mineral dalam jumlah cukup setelah olahraga.

 

Kesehatan