Selain Menjadi Sumber Pembangkit Listrik, Ini Manfaat Batu Bara Lainnya

Selain Menjadi Sumber Pembangkit Listrik, Ini Manfaat Batu Bara Lainnya

Batu bara merupakan akumulasi sisa – sisa tumbuhan yang mati dan tidak mengalami pembusukan dengan sempurna. Batu bara adalah benda padat yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Benda padat ini terbentuk dari sisa – sisa tumbuhan yang telah lama melalui proses pembatubaraan.

Batu bara memiliki beragam manfaat yang baik untuk kehidupan manusia. Selain menjadi sumber utama bahan bakar pembangkit listrik, masih banyak manfaat batu bara lainnya. Penasaran kan kira – kira apa saja manfaat batu bara lainnya? Simak penjelasan berikut ini !

  1. Bisa Menghasilkan Produk Gas

Selain menjadi sumber utama bahan bakar pembangkit listrik, manfaat batu bara juga adalah bisa menghasilkan produk gas yang didapatkan dari dalam tanah. Proses pengambilan gas alam yang dihasilkan oleh benda padat satu ini membutuhkan sebuah alat berteknologi canggih.

Nantinya, gas alami yang dihasilkan tersebut akan diolah di tempat pertambangan dan bisa digunakan menjadi berbagai produk seperti diantaranya bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hydrogen dan solar.

  1. Mendukung Produk Industri Alumunium

Manfaat batu bara selanjutnya adalah menjadi salah satu bahan bakar yang mendukung industri alumunium. Batu bara bisa didapatkan sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja.

Panas kokas dan gas yang dihasilkan dari batu bara tersebut bisa memisahkan beberapa produk baja, sehingga membentuk produk alumunium yang bisa digunakan untuk berbagai jenis industri seperti peralatan dapur, industri pertanian, dan konstruksi.

  1. Bisa Membantu Industri Baja

Manfaat batu bara yang satu ini sangat penting bagi kehidupan manusia, karena kebanyakan barang yang dibutuhkan manusia terbuat dari material baja. Contoh barang – barang tersebut antara lain peralatan kesehatan, peralatan pertanian, peralatan transportasi, dan mesin yang digunakan dalam rumah tangga.

  1. Bisa Membantu Produksi Pupuk Pertanian

Tidak dipungkiri memang pupuk pertanian kimia tidak akan terlepas dari batu bara dalam proses pengolahannya. Hal itu dikarenakan produksi pupuk pertanian selalu membutuhkan gas khusus untuk pembakaran yang bisa didapatkan dari batu bara.

Bahkan, berbagai produk kimia yang berasal dari olahan sisa pembakaran batu bara yang selanjutnya akan dimurnikan dengan perlengkapan khusus. Proses itulah yang nantinya akan membentuk bahan – bahan pembuat pupuk kimia.

  1. Menjadi Bahan Bakar Pendukung Produk Semen

Manfaat batu bara lainnya adalah bisa dijadikan sebagai pendukung industri semen. Bahkan, batu bara bisa dibilang menjadi bahan utama pembuatan semen. Meskipun bukan sebagai bahan dasar dalam hal materialnya, namun manfaat batu bara bisa digunakan dalam proses pembakarannya.

  1. Bisa Membantu Industri Kertas

Perlu diketahui bahwa batu bara bisa menghasilkan panas yang sangat tinggi sehingga banyak dimanfaatkan dalam perindustrian. Selain di industri semen dan baja, batu bara juga dimanfaatkan dalam industri kertas.

Batu bara sangat mampu dalam industri kertas karena panas yang dihasilkannya sangat stabil di dalam satu mesin pengolahan serat yang dimanfaatkan untuk industri bahan baku dan kertas. Jika menggunakan bahan bakar selain batu bara dalam industri kertas, maka mungkin beberapa produk kertas tidak akan bisa digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Ternyata, batu bara juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap dalam bentuk CWM (Coal Water Mixture) yang telah melalui proses peningkatan mutu batu bara. Dengan demikian, batu bara di Indonesia sangat berguna untuk menjadi pembangkit listrik tenaga uap.

CWM sendiri adalah cairan dan fisiknya berupa suspensi sehingga untuk membakarnya bisa dengan menginjeksi CWM ke dalam tungku yang sebelumnya sudah dipanaskan.

 

 

 

 

 

 

Lifestyle