Cara Menghitung Denyut Nadi Maksimal

Cara Menghitung Denyut Nadi Maksimal

Setiap orang diwajibkan untuk mengetahui cara menghitung denyut nadi maksimal, agar bisa melihat apakah kondisi tubuhnya sedang baik atau tidak terutama untuk organ jantung. Namun untuk hasil pemeriksaannya akan berbeda-beda tergantung faktor yang mempengaruhinya.

Cara Menghitung Denyut Nadi Maksimal

Perlu diketahui bahwa untuk cara menghitung denyut nadi tidak hanya dilakukan pada pergelangan tangan tetapi bisa juga melalui beberapa titik dalam tubuh seperti sisi leher bagian bawah dan siku dalam. Berikut contoh pengukurannya.

  • Pertama putar pergelangan tangan dengan hati-hati, sehingga posisi telapak menghadap ke atas.
  • Kemudian tempatkan jari telunjuk dan jari tengah tepat di atas pergelangan tangan bagian dalam.
  • Lalu tekan dengan lembut bagian dalam pergelangan tangan sampai merasakan adanya denyutan nadi.
  • Apabila sudah menemukannya hitung selama 60 detik.
  • Jika hasilnya sudah ditemukan kemudian dikalikan dengan persentase 50 sampai 85%.
  • Setelah dikalikan tambahkan dengan jumlah denyut nadi tadi.
  • Apabila belum paham bisa mengunjungi website https://ensure.co.id/artikel/olahraga/cara-menghitung-denyut-nadi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Denyut Nadi

Umumnya faktor yang mempengaruhi frekuensi denyut nadi antara lain usia, jenis kelamin riwayat kesehatan, sikap kerja, kondisi fisik dan psikis. Untuk informasi lebih detailnya simak penjelasan berikut ini.

  1. Riwayat Kesehatan

Umumnya untuk orang yang kondisi badannya sedang tidak sehat akan mengalami perubahan frekuensi jantung yang tidak teratur. Misalnya memiliki riwayat darah tinggi / hipertensi, anemia dan demam.

Namun hal tersebut sangat berbeda pada orang yang sehat atau telah sembuh dari sakit dimana frekuensi jantungnya cenderung mengalami peningkatan, sehingga irama denyut nadinya akan bergerak cepat.

  1. Kegiatan yang Dilakukan

Setiap manusia dalam menjalankan aktivitasnya pasti akan membutuhkan yang namanya energi berupa glukosa dan oksigen, sehingga ketika menjalankan pekerjaan yang berat maka bisa mengakibatkan peningkatan frekuensi denyut nadi.

Agar Kebutuhan sumber oksigen dan energi terpenuhi, maka jantung dituntut bisa memompa darah lebih cepat dibandingkan dengan biasanya. Hal tersebut pastinya sangat berbeda ketika tidak melakukan aktivitas apapun.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara menghitung denyut nadi maksimal. Perlu diketahui komposisi ion yang ada di dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap detak jantung yang normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Kesehatan